Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Genteng Metal Murah

genteng

Genteng metal murah menjadi populer beberapa tahun terakhir karena sifatnya anti karat, anti korosi, dan tahan cuaca. Sehingga, genteng ini dapat digunakan untuk waktu yang sangat lama. Namun, genteng metal juga memiliki beberapa kekurangan.

Kelebihan Genteng Metal

  • Anti Karat dan Anti Rayap

Salah satu kelebihan utama dari genteng metal adalah sifatnya yang tahan terhadap karat dan serangan rayap. Hal ini karena genteng ini diberi lapisan pelindung seperti stone chip, zincalume, dan galvalume. Genteng metal bahkan dapat bertahan di daerah yang tingkat kelembabannya tinggi.

Hal ini tentunya memperpanjang usia pakai genteng metal itu sendiri, bahkan hingga puluhan tahun.

  • Tahan Terhadap Perubahan Cuaca Ekstrem

Selain tahan terhadap karat dan serangan rayap, genteng metal juga tahan terhadap cuaca ekstrem. Genteng metal dibuat dengan sistem sambungan yang rapat dan memiliki lapisan anti air untuk mencegah kebocoran saat hujan deras. Sistem sambungan yang rapat dan kokoh ini juga membuat genteng metal tidak mudah terlepas saat ada angin kencang. Selain itu, genteng metal juga memiliki kemampuan untuk memantulkan panas sinar matahari.

  • Berbobot Ringan

Genteng metal berbobot jauh lebih ringan, terutama jika dibandingkan dengan genteng konvensional seperti genteng tanah liat. Beratnya genteng metal bahkan 3 hingga 5 kali lebih ringan. Beratnya yang ringan ini membuat genteng metal cocok untuk atap bangunan bertingkat, serta mudah untuk dipasang.

Kekurangan Genteng Metal

  • Menimbulkan Suara Bising

Walaupun dapat mengatasi hujan deras, sayangnya genteng metal murah tidak dapat mengatasi suara bising yang dihasilkan saat hujan deras. Beberapa orang mungkin tidak merasa nyaman dengan suara bising ini. Namun, masalah ini dapat diatasi dengan cara menggunakan peredam suara di bawah atap, seperti rockwool atau glasswool.

  • Ruangan Terasa Panas

Ruangan yang beratapkan genteng metal murah cenderung panas dan gerah karena sifat genteng yang memantulkan panas. Sebagai solusi, menggunakan insulasi atap dapat mengatasi masalah ini. Insulasi atap seperti aluminium foil dan fiberglass dapat menjaga suhu ruangan tetap stabil.

Dengan kelebihan dan kekurangan yang telah disebutkan, tertarik untuk menggunakan genteng metal murah?

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *